Training of Trainer PCNU Kab. Bandung Angkatan 4 di Ciwidey

330
Peserta ToT angkatan 4
Peserta ToT angkatan 4

Disela-sela kepadatan  rutinitas yang dialami oleh para pengurus NU Kabupaten Bandung masih berusaha untuk terus melakukan kaderisasi. Karena, salah satu tanda pemimpin yang berhasil itu adalah seorang pemimpin yang berhasil menyiapkan kader  penggantinya. Untuk itu, PCNU Kab. Bandung berusaha menyiapkan kader NU sebanyak-banyaknya ditingkat kecamatan dan desa.

Sebanyak 34 orang kader dari berbagai desa yang berada di Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Pasirjambu, Soreang dan Kutawaringin kembali digodok dan diberikan pembekalan tentang ke-NU-an dan kepemimpinan di Pesantren Wanasari Desa Panyocokan Kecamatan Ciwidey, selama tiga hari mulai dari Jum’at 5 Juli sampai dengan Ahad 7 Juli 2013. Di antara Nara Sumber yang hadir memberikan materi adalah Sekretaris PCNU Kabupaten Bandung H. Usep Dedi Rostandi, MA. dan Dra. Hj. Ella Giri Komala, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) utusan Jawa Barat.


ToT 4 Hj. Ella Giri Komala
ToT 4 Hj. Ella Giri Komala

Pada pemaparannya, H. Usep Dedi Rostandi, MA. menyatakan bahwa kebesaran nama NU harus diiringi dengan manajemen organisasi yang baik dan rapih. Selama ini, diakui oleh semua orang bahwa NU adalah Ormas terbesar di Indonesia bahkan dunia tapi mayoritas orang juga mengatakan bahwa ormas NU adalah ormas yang paling tidak teratur secara organisasi. Oleh karena itu, sekarang saatnya untuk  melakukan re-vitalisasi dan re-strukturisasi kepengurusan NU di tingkat kecamatan dan ranting.

Para kader NU harus meneliti keberadaan kepengurusan NU di tingkat kecamatan dan ranting. Kalau sudah ada segera berdayakan dengan melakukan berbagai kegiatan yang menampakan eksistensi NU di daerahnya. Kalau belum ada, segera bentuk kepengurusan NU.

Untuk membekali kader NU di lapangan tentang aturan main organisasi NU, Pengurus Cabang NU Kabupaten Bandung telah memuat Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga NU dan Peraturan Organisasi NU di Website PCNU Kab. Bandung di alamat www.pcnu-bandung.com

Sementara Anggota DPD utusan Jawa Barat, Hj. Dra. Ella Giri Komala memberikan apresiasi tinggi kepada PCNU Kab. Bandung yang telah melakukan kegiatan Training of Trainer ini, karena periode-periode sebelumnya belum pernah dilakukan. Dengan ToT ini diharapkan menghasilkan kader-kader NU militan yang akan menjaga panji-panji NU di Kabupaten Bandung.

Sebagai anggota DPD Ibu Ella pun mensosialisasikan tentang Undang-Undang Dasar 1945 yang telah mengalami empat kali amandemen dan Ketetapan MPR RI Nomor 1/MPR/2003 tentang Peninjauan Kembali Materi dan Status Hukum Ketetapan MPR Sementara dan Ketetapan MPR RI Tahun 1960 sampai dengan 2002.

Selanjutnya Hj. Ella berharap semua warga Nahdliyyin Kabupaten Bandung ikut berperan aktif menjaga NKRI dengan menghargai dan menghormati perbedaan yang ada di Indonesia, baik perbedaan suku maupun kepercayaan. Karena, jika terjadi kerusuhan di masyarakat maka yang akan menaggung kerugian adalah masyarakat itu sendiri.

1 COMMENT

  1. assalamualaikum wr.wb
    ini kurniawan peserta TOT ke 4,pa mau tanya kalau KARTANU kira-kira akan di bagikannya kapan ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here