Syihabul MillahDi Usianya yang terbilang masih muda belia, Syihabul Millah (16) remaja kelahiran Bandung, 18 April 1998 telah berhasil meraih juara ke 2 pada cabang Ilmu Lughah kelas wustho Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2014 yang di selenggarakan di pondok pesantren Al-Amin Tasikmalaya dari tanggal 21 sampai 25 April 2014.

Sedangkan, juara ke 1 kelas wustha cabang lughah diraih oleh peserta putra asal Kabupaten Tasikmalaya. Sebagai peserta yang mewakili Kabupaten Bandung, putra kedua dari AA. Lukmanul Hakim AF pimpinan Pondok Pesantren Nahjussalam Al-Musri 1 Bandung, bersyukur bisa meraih hal itu, meskipun meraih juara ke 2.

Sebelum menerima keputusan juara ke 2 dari dewan juri, ia mengikuti tahap demi tahap perlombaan yang sungguh melelahkan. Namun, di tengah perlombaan MQK, ia tidak merasa tegang dalam mengikuti tahap demi tahap rangkaian perlombaan, justru ia merasa santai. “Alhamdulilah tidak ada rasa tegang dalam mengikuti perlombaan biasa dan santai saja, karena kalau tegang konsentrasi menjadi terganggu”, ujarnya.

Sementara itu, AA. Lukmanul Hakim AF sebagai orang tua, berharap agar pemerintah memperhatikan keilmuan dan produk-produk pesantren, sehingga peran pesantren dalam membentuk insan yang berakhlakul karimah yang akan memperkuat dan menjaga keutuhan NKRI dapat terus berlanjut.

Selain Cabang ilmu lughah, cabang ilmu lain yang diperlombakan adalah cabang ilmu yang umum diajarkan pada berbagai pesantren di nusantara seperti akhlak, fiqih, tasawuf, ushul fiqih, hadist, dan ilmu tarikh serta diikuti oleh 1308 orang peserta putra dan putri dari kelas ula, wustha, dan ulya. Jumlah kitab yang diperlombakan sebanyak 20 kitab, untuk setiap kelas jenis kitab yang dperilombakan berbeda satu sama lain. Adapun untuk kelas ula kitab yang diperlombakan meliputi kitab Ta’lim Al-Mutalim, Jurumiah, Hulasoh Nurul Yaqin, Sulam Al-Taufiq. Sedangkan untuk kelas wustha, kitab Imriti, Waroqot, Fathul Qarib, Tafsir Jalalain, Jauharul Maknun, Subulussalam, Arrahikul Mahtum. Terakhir, untuk kelas ulya kitab yang diperlombakan adalah kitab, Al-Fiyah Ibnu Malik, Uqudul Juman, Tafsir Ibnu Katsir, Gayatul Wushul, Ianatuttolibin, dan Ihya Ulumudin.

(Sidik Permana/A Epul)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.