Sosialisasi Zakat,Infaq, dan Shadaqah di lingkungan UPTD TK/SD Kec. Banjaran

299

Dok BAZ BanjaranSebanyak 45 Kepala SD se-Kecamatan Banjaran mengikuti kegiatan sosialisasi Zakat, Infaq dan Shodaqoh yang diselnggarakan oleh Badan amil Zakat (BAZ) Kec. Banjaran. Pada kesempatan itu hadir Ketua BAZ Kec. Banjaran yang merupakan aktifis PCNU Kab. Bandung H. Saepuloh, M.Pd., Camat Banjaran Drs. H Agus Suhartono, M.Si., Kepala UPTD TK/SD Kec. Banjaran Drs. H Setiawan, M.Si, dan Kasubag UPTD TK/SD Drs. Dadang. Jum’at (20/09)

Menurut ketua BAZ Kec. Banjaran H Saepuloh, kaitannya dengan Zakat, Infaq dan Shadaqoh dalam Surat Al-Baqarah ayat 267:

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu”

Ini salah satu dasar keharusan bagi pegawai atau pengusaha untuk menafkahkan sebagian harta yang didapatnya.

Menurut H Saepuloh ketua BAZ Kec. banjaran yang merupakan salah satu aktifis PCNU kab. Bandung, permasalahan klasik yang dihadapi oleh BAZ kec. Banjaran adalah rendahnya kesadaran berzakat dan lemahnya pengelolaan yang mengakibatkan rendahnya kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, BAZ kec. Banjaran selain memberikan pemahaman kewajiban berzakat melalui sosialisasi seperti ini, BAZ kec. Banjaran juga berupaya dengan prinsif pengelolaan secara benar, jujur dan transfaran dengan menyampaikan laporan secara terbuka data muzakki, munfiq dan mutashodiq serta kemana dana tersebut dialokasikan kepada Muspika dan masyarakat umum dengan menampilkan data tersebut di tempat terbuka.

Sementara itu, Kepala UPTD TK/SD H Setiawan berharap semua kepala SD yang berada di wilayah UPTD TK/SD Kec. Banjaran dapat ikutKepala SD se-Kec. Banjaran menyukseskan program pengelolaan Zaka, Infaq dan Shodaqoh BAZ Kec. Banjaran dengan mensosialisasikan kepada semua guru-guru di lingkungan sekolahnya.

Pada kesempatan itu juga, Camat Banjaran H Agus Suhartono berharap semua PNS di lingkungan Kecamatan Banjaran menyalurkan Zakat, Infaq dan Shodaqohnya melalui Badan Amil Zakat (BAZ) Kecamatan Banjaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here