Peringatan Isra' Mi'raj dan Pelantikan PAC Fatayat NU, PAC PERGUNU Kec. Arjasari serta Ranting NU se-Kec. Arjasari

384

Arjasari,- Hari sabtu, 02 Juni 2012 Pengurus MWCNU Arjasari melaksanakan kegiatan Pelantikan Ranting NU se-Kecamatan Arjasari serta Pelantikan PAC Fatayat NU dan PAC PERGUNU Kec. Arjasari oleh PCNU Kab. Bandung. Pada kesempatan itu tampak hadir Wakil Bupati Bandung H Deden R Rumaji, S.Sos, Wakil Ketua PCNU H Imron Rosyadi, S.Ag., Sekretaris PCNU H Usep Dedi Rostandi, MA., dan Sekretaris Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) Kab. Bandung H Saepuloh, S.Pd.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Bandung H Deden R Rumaji, S.Sos menyatakan bahwa ormas NU merupakan ormas keagamaan yang besar di dunia. Oleh karena itu, peran warga Nahdliyyin sangat strategis dalam menentukan keberhasilan sebuah program pemerintah. NKRI masih ada salah satunya adalah jasa para tokoh Nahdlatul Ulama. Dan dalam kesempatan itu juga Wakil Bupati Bandung berharap agar warga NU ikut menyukseskan program-program pembangunan yang telah dicanangkan oleh pemerintah Kabupaten Bandung, salah satunya program pelestarian  lingkungan hidup. Banjir dan longsor yang sering menimpa sebagian wilayah Kabupaten Bandung karena ulah manusia yang tidak mau disiplin dalam menjaga lingkungan. Pohon ditebang tapi tidak dibarengi dengan penanaman pohon baru, masyarakat membuang sampah sembarangan bahkan banyak yang membuang sampah ke sungai, dan tentu saja itu membuat saluran air terganggu dan menyebabkan banjir.

Untuk itu, Wakil Bupati berpesan kepada semua warga Nahdliyyin, khususnya warga Arjasari untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan menanami halaman rumah dengan pepohonan. Jangan membuang sampah ke sungai. Jika warga Nahdliyyin Kabupaten Bandung ikut mensukseskan program ini maka insya Allah Kabupaten Bandung akan bebas dari longsor dan banjir karena mayoritas penduduk Kabupaten Bandung adalah warga Nahdliyyin.

Sementara itu, Sekretaris PCNU Kab. Bandung H Usep Dedi Rostandi, MA., menyambut baik ajakan Wakil Bupati dalam rangka menjaga lingkungan hidup di Kabupaten Bandung. Hal ini, sebenarnya sejalan dengan program NU yang mempunyai LPPNU (Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama) yang salah satu bidang garapannya adalah masalah lingkungan hidup. Apalagi ajaran Islam mengajarkan bahwa “Kebersihan adalah sebagian dari iman” dan Rasulullah saw. bersabda “Tanamlah sebatang pohon walaupun kamu akan meninggal besok”.

Di dalam sambutannya juga Sekretaris PCNU ini menyatakan bahwa dia bangga atas kinerja MWCNU Kec. Arjasari yang dapat melaksanakan berbagai kegiatan baik keagamaan maupun sosial yang terus berjalan meski tanpa bantuan “materi” dari PCNU. Beliau berharap agar MWC-MWC NU lainnya yang ada di Kabupaten Bandung bisa sama-sama meniru apa yang telah dilakukan oleh para pengurus MWCNU Arjasari. Semua pengurus NU dari semua tingkatan harus bahu membahu, tolong menolong dalam membangun dan memajukan Nahdlatul Ulama li i’lai kalimatillah dan tercapainya kesejahteraan umat.

Setelah acara pelantikan, MWCNU Kec. Arjasari memberikan bantuan kepada PCNU Kab. Bandung yang akan membangun kantor sekretariat 2 yang berlokasi di Jongor Ciparay. Dana bantuan ini dikumpulkan dari jamaah pengajian “syahriyahan” sebagai wujud kepedulian dan keinginan yang menggebu dari warga NU Arjasari agar NU besar dan disegani oleh orang lain. Warga Nahdliyyin akan semakin bangga jika NU Kabupaten Bandung mempunyai kantor yang representatif hasil dari keringat sendiri bukan hasil belas kasihan orang lain.

Menurut Ketua Tanfidziyah MWCNU Kecamatan Arjasari Ustadz Udan Mardani, S.pd.I berharap kader-kader NU khususnya di kecamatan Arjasari tidak menjadi kader yang seperti “burung Merpati”, yang hanya berkumpul ketika ada makanan saja dan jangan pula kader-kader NU seperti “padati”, yakni kader yang hanya bisa maju jika terus didorong dan akan diam jika tidak ada yang mendorong. Dan sumbangan ini membuktikan bahwa kami bukan kader seperti “Merpati” atau “pesati” tapi merupakan kader-kader sejati NU.

Dalam kesempatan yang sama, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bandung menyampaikan materi kaderisasi, yang  sisampaikan oleh Wakil Ketua H Imron Rosyadi, S.Ag., beliau memaparkan bagaimana sejarah Nahdlatul Ulama (NU) terbentuk dan bagaimana kiprah serta sumbangsih Nahdlatul Ulama (NU) terhadap kemerdekaan NKRI. Beliau berharap agar warga Nahdlatul Ulama (NU) tidak lupa sejarah dan terus berjuang untuk mensejahterakan umat melalui Nahdlatul Ulama (NU).

Sementara itu, disela-sela kegiatan pelantikan Sekretaris PERGUNU Kab. Bandung H Saepuloh, S.Pd berharap agar PAC PERGUNU Kec. Arjasari bisa membantu program-program MWCNU Kec. Arjasari yang berkaitan dengan pendidikan dan keguruan. dan beliau berharap agar MWCNU yang lainnya bisa segera membentuk dan menyusun komposisi kepengurusan PAC PERGUNU di tingakat kecamatan.

Selepas pelantikan dan kaderisasi, MWCNU Kec. Arjasari melaksanakan pengajian dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhamad SAW. dengan penceramah KH. Drs. Dadan Herdadi beliau merupakan Katib MWCNU Kecamatan Banjaran. Pada kesempatan itu turut hadir ratusan jamaah yang terdiri dari Fatayat dan Muslimat NU kecamatan Arjasari.

Pada acara tersebut, Komandan Satkorcab Banser kab. Bandung  Asep Abdurrohman menyatakan bahwa Banser akan senantiasa siap untuk membentengi ulama dalam berdakwah serta akan siap kapan saja ketika PCNU Kab. Bandung membutuhkan kami.

2 COMMENTS

  1. ass. usahakan tiap kecamatan adakan kegiatan seperti arjasari dan jangan lupa biaya nya di bantu ok….

  2. kalau ada kemauan pasti bisa, meski tanpa bantuan dari mana pun. inti dari sebuah kegiatan bukan makan dan minum. tanpa itupun bisa berjalan, kalau sudah ikhlas, semua peserta bisa bawa konsumsi sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here