Shalat Ghaib dan Tahlil untuk Sang Guru Silat

1313

KH. SuharbillahPimpinan Pusat Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa menghimbau para Pimpinan Wilayah, Cabang dan perguruan Pagar Nusa melaksanakan shalat ghaib dan tahlil untuk sang guru, penasihat, bahkan salah seorang pendiri Pagar Nusa KH. Muhammad Suharbillah, yang tutup usia, Senin (25/8) malam di Sedayu, Gresik, Jawa Timur.
“Kami selaku Pimpinan Pusat Pencak Silat Pagar Nusa mengucapkan duka yang sedalam-dalamnya dan menghimbau kepada Pimpinan Wilayah, Cabang dan perguruan Pagar Nusa melaksanakan shalat ghaib dan tahlil untuk beliau, semoga amal ibadah beliau diterima di sisi-Nya,” demikian Ketua Umum PP Pagar Nusa dalam Gus Aizuddin Abdurrahman dan Sekretaris Umum MH Nabil Haroen dalam pesan singkatnya kepada NU Online.
KH Suharbillah tercatat sebagai salah seorang pendiri Pagar Nusa, bahkan ia adalah sang inisiator. Tahun 1985, ia menemui KH Mustofa Bisri dari Rembang dan menceritakan keinginan para pendekar untuk membentuk organisasi. Keduanya lalu bertemu dengan KH Agus Maksum Jauhari Lirboyo alias Gus Maksum yang memang sudah masyhur di bidang beladiri.KH. Suharbillah2
Pada tanggal 12 Muharrom 1406 M bertepatan tanggal 27 September 1985 berkumpulah para kiai dan pendekar di pondok pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, untuk membentuk suatu wadah di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) yang khusus mengurus pencak silat. Musyawarah tersebut dihadiri tokoh-tokoh pencak silat dari daerah Jombang, Ponorogo, Pasuruan, Nganjuk, Kediri, serta Cirebon, bahkan dari pulau Kalimantan pun datang.
Musyawarah berikutnya diadakan pada tanggal 3 Januari 1986, di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur, tempat berdiam Gus Maksum. Dalam musyawarah tersebut disepakati pembentukan organisasi pencak silat NU bernama Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama “Pagar Nusa” yang merupakan kepanjangan dari “Pagarnya NU dan Bangsa. Pengukuhan dilakukan oleh Rais Aam KH Achmad Siddiq dan Ketua Umum PBNU KH Abdurrahman Wahid. (A. Khoirul Anam/NUOnline)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here