Rapat PCNU Sabtu, 19 Januari 2013

Rapat PCNURapat formal PCNU Kabupaten Bandung pada tahun 2013 ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Januari di Sekretariat PCNU Soreang. Dengan dihadiri Pengurus Cabang, Lembaga dan Banom NU rapat ini membahas beberapa poin penting tentang laporan dari kegiatan yang diikuti oleh Pengurus NU dan rencana program yang akan dilaksanakan.

Wakil Sekretaris PCNU Ust. Asep Setiawan, S.Pd.I. dan Ust. Ruri, S.Th.I. dari MWC Katapang yang diutus oleh PCNU Kab. Bandung untuk mengikuti undangan sosialisasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung pada tanggal 15 Januari 2013 melaporkan hasil dari kegiatan tersebut:

  1. Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 orang dari utusan berbabagi Ormas yang ada di Kabupaten Bandung, termasuk Nahdlatul Ulama.
  2. Isi kegiatan adalah mensosialisasikan Permenkes RI tentang Jampersal (Jaminan Persalinan).
  3. Jaminan persalinan ini berlaku bagi semua wanita yang akan melahirkan tanpa ada batasan mampu dan tidak mampu.
  4. Perawatan yang termasuk dalam Jampersal adalah sebanyak 4 X selama kehamilan 1 s.d 9 bulan dan pada saat persalinan normal maupun operasi.
  5.  Jampersal juga termasuk perawatan anak selama 0 s.d 28 hari termasuk perawatan bagi ibunya selama masa nifas, 42 hari.
  6. Seluruh biaya perawatan 100% gratis di Puskesmas, Rumah Sakit pemerintah dan bidan-bidan yang sudah melakukan kerjasama dengan pemerintah.

 Sementara itu, H. Saepuloh, M.Pd. sebagai Sekretaris Pergunu (Persatuan Guru Nahdlatul Ulama) Kabupaten Bandung yang mengikuti Konferwil Pergunu Jawa Barat pada tanggal 12 Januari 2013 melaporkan hasil kegiatan itu;

  1. Konferwil Pergunu Jawa Barat diikuti oleh 17 utusan Pergunu Kabupaten dan Kota se Jawa Barat.
  2. Konferwil menghasilkan ketua terpilih untuk periode 2013 – 2018 adalah Dr. H. Mufid dosen UPI Bandung.
  3. Dalam Konferwil itu juga disoroti masalah potensi guru NU di Jawa Barat yang belum dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan organisasi.

Rapat PCNURapat dilanjutkan dengan membicarakan rencana kaderisasi. Menurut Sekretaris PCNU, H. Usep Dedi Rostandi, MA., generasi muda Kabupaten Bandung sekarang ini sangat memprihatinkan, banyak ditemukan generasi muda yang orang tuanya NU tapi mereka tidak mengenal apa itu NU bahkan terkadang mereka aktif di Ormas atau Partai Politik yang bersebrangan dengan NU.

Oleh karena itu, sudah waktunya PCNU Kab. Bandung mencetak kader-kader NU yang militan untuk merangkul dan pencerahan kepada generasi penerus Nahdlatul Ulama di Kabupaten Bandung. Untuk langkah pertama PCNU akan meminta dari setiap MWC se Kabupaten Bandung mengirimkan satu orang utusan untuk dilatih menjadi kader di kecamatan masing-masing. Ditambah satu orang dari perwakilan Banom NU yang ada. Sebagai penanggungjawab kegiatan kaderisasi ini dipercayakan kepada Wakil Ketua Tanfidziyah H. Imron Rosadi, M.Pd.I.

Kegiatan kaderisasi ini insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 9 s.d 11 Maret 2013 di Pesantren Al-Husaini Ciheulang Ciparay. Jumlah peserta sekitar 40 orang, materi yang akan disajikan berkaitan dengan ke NU an, manajemen organisasi dan pemerintahan dengan nara sumber; Pengurus NU dari berbagai tingkatan, anggota DPD, anggota DPR dan tokoh-tokoh NU yang sedang memegang berbagai jabatan publik.

Semoga kegiatan ini bisa memberikan pencerahan kepada generasi muda NU dan mengembalikan mereka kepada Ormas yang didirikan dan dipelihara oleh orang tuanya. Sehingga NU bisa meraih kembali kejayaannya di Kabupaten Bandung. Amin

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.