Dalam rangka melaksanakan tujuan Nahdlatul Ulama yaitu berlakunya ajaran Islam faham Ahlussunah wal Jama’ah demi terwujudnya tatanan masyarakat yang berkeadilan demi kemaslahatan, kesejahteraan umat dan demi terciptanya rahmat bagi semesta MWC NU Arjasari Kabupaten Bandung melaksanakan  berbagai kegiatan seperti:

1. Syahriahan/ Yaumul Ijtima’

Pengajian bulanan atau di kalangan warga Nahdliyyin Arjasari dikenal dengan istilah syahriahan/yaumul ijtima. Kegiatan ini dikordinir oleh para pengurus MWC itu sendiri dengan Ketua Tanfidziyahnya Ust. Udan Mardani, S.Pd.I. Kegiatan ini mencakup 7 desa yaitu: Ancolmekar, Rancakole, Patrolsari, Pinggirsari, Mekarlaksana, Arjasari dan Desa Babakan. Dan menyebar di 20 qoriyah, dengan jumlah jama’ah sekitar 5.000 orang.

Pengajian ini berputar dari satu qoryah ke qoryah lain pada minggu ke 4 setiap bulannya. Seperti pada tanggal 16 Oktober 2011 kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Al-Ikhwan Desa Ancolmekar dengan mubaligh K. Asep Setiawan, S.Pd.I (Ketua Laznah Falaqiyah Nahdlatul Ulama Kabupaten Bandung), tanggal 20 Nopember 2011 bertempat di Pondok Pesantren Al-Basyariyah Desa Patrolsari penceramahnya KH. Dede Miftahudin. Kemudian pada tanggal 25 Desember 2011 di Masjid Jami Al-Ikhlas Desa Rancakole bersama  Drs. KH. Najib Fauzi, dan pada bulan Januari 2012 dengan tempat di Masjid Al-Ikhlas Desa Babakan mendatangkan Da’iyah Umi Fatimah.
2. Wisata Ziarah

Untuk mengenal dan mengenang para pendahulu yang telah berjasa menyebarkan ajaran Islam, MWC NU Arjasari mengadakan wisata ziarah  seperti Kota Bandar Lampung Kalianda yang di sana ada Makom Raden Intan dan Makom Ki Bujuk Sangkrah. Pada bulan lalu, tepatnya tanggal 28 Januari 2012 MWC NU Arjasari juga melaksanakan wisata ziarah  ke Makom Mbah Priuk yang dilanjutkan dengan ziarah ke daerah Banten yakni ke Makom Syekh Maulana Hasanudin, Makom Syekh Maulana Yusuf, Syekh Mansyurrudin, Syekh Asnawi Labuan juga ke Batu Qur’an.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi sesama warga Nahdliyyin Arjasari juga mengambil pelajaran dari  para Awliya dalam mengembangkan dan melaksanakan ajaran Islam di Indonesia sehingga bisa berhasil seperti sekarang.

3. Peringatan Hari Besar Keagamaan

Untuk meningkatkan pemahaman aqidah ahlus sunnah wal jamaah, MWC Arjasari juga memprogramkan peringatan hari besar keagamaan Islam disetiap daerah, seperti yang baru-baru ini dilaksanakan di Desa Batu Karut Leubak Wangi  pada tanggal 5 Februari 2012 yang dihadiri oleh  sekitar 1.500 jamaah dan diikuti pula oleh para pejabat SKPD Kabupaten Bandung, dengan penceramah khusus  Drs. H. Sugianto Wakil Ketua DPRD kabupaten Bandung, yang juga menjabat sebagai Ketua LPNU (Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama) Kabupaten Bandung.

4. Majlis Dzikir

Kegiatan rutin yang dilakukan MWC NU Arjasari pada setiap malam Jum’at adalah tawasulan, malam Selasa sholawatan, kegiatan ini dilakukan untuk taqarub kepada Allah SWT. dan memperkuat keyakinan aqidah ahlus sunnah wal jama’ah di kalangan warga Nahdliyyin yang menghadapi berbagai godaan dan cobaan dalam mengarungi kehidupan.

5. Pesantren Kilat

Pada tahun 2011 ini MWC NU Arjasari juga mencoba mengarahkan anak-anak yang sedang libur sekolah agar tidak melakukan hal-hal negatif, yang bertentangan dengan ajaran agama, yang bisa meresahkan masyarakat dengan menyelenggarakan pesantren kilat selama libur sekolah. Alhamdulillah kegiatan yang  pertama kali dilaksanakan ini diikuti oleh 150 santri, bertempat di Yayasan Al-Istiqomah Desa Ancolmekar mendapat sambutan yang positif dari orang tua santri dan meminta kepada Pengurus MWC NU Arjasari agar kegiatan ini menjadi agenda tahunan.

6. Aspek Ekonomi

MWC NU Arjasari dalam programnya tidak semata hanya masalah kegiatan rohani yang digarapnya aspek ekonomi juga dikerjakan. Untuk masalah perekonomian ini MWC NU Arjasari membentuk suatu kelompok usaha bersama dalam mengembangkan usaha makanan ringan dari beras dan ketan seperti ranginang, opak, dll, sehingga kalau ada warga NU di daerah lain memerlukan mitra dalam bidang ini bisa menghubungi redaksi.


 
 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.