BeritaKegiatan

PKD ANSOR RANCAEKEK ANGKATAN KE III SIAP BERJIHAD

Pada hari Sabtu tanggal 3 Agustus 2019, Lagu Indonesia Raya dan Ya Lalwaton berkumandang di PONPES Al-Hikmah Kampung Tarikolot Desa Nanjungmekar Kecamatan Rancaekek. Kedua lagu tersebut dinyanyikan oleh para calon anggota GP (Gerakan Pemuda) Ansor PAC (Pengurus Anak Cabang) Rancaekek dengan penuh semangat dan khidmat. Bagi para peserta ini, cinta pada agama dan cinta pada tanah air adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Berkumandangnya Kedua lagu itu sebagai tanda dimulainya kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) GP Ansor PAC Rancaekek Angkatan Ke III. Menurut ketua panitia, Dian Dahliana, acara ini diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari Rancaekek dan sekitarnya, bahkan ada yang dari luar kota diantaranya dari Kuningan.

Materi pertama dalam kegiatan ini disampaikan oleh DR. KH. E Haetami. Dalam kesempatan ini materi yang disampaikannya adalah “Pengenalan Ahlusunnah Waljamaah Sebagai Ideologi”. Dengan menggunakan perspektif epistemologi, poin-poin penting pembahasannya adalah: (1) sejarah ideologi Aswaja, (2) Peran Wali Songo, (3) Peran NU dan Hadlratusysyaikh Hasyim As’ari dalam pembentukan NKRI, (4) Pergulatan NU dalam orde lama, orde baru, orde reformasi, dan orde pasca reformasi, (5) NU dan Aswaja dalam perpolitikan masa kini.

Materi kewirausahaan di sampaikan oleh Ustadz Jujun Junaedi. Beliau menyampaikan bahwa kader Ansor harus kreatif dalam berwirausaha dan menggali potensi usaha. Beliau mengatakan bahwa setiap kader Ansor harus berusaha untuk mandiri secara ekonomi, bahkan sebaiknya mampu berkontribursi secara ekonomi bagi bangsa dan NU. Beliau menyimpulkan bahwa jangan mencari hidup di NU, tapi harus berusaha menghidupkan NU.

Materi lain yang tidak kalah pentingnya, diantaranya adalah materi pengenalan GP Ansor, retorika dakwah NU, kebangsaan dan ke-Indonesiaan, dan gaya politik NU. Ada juga materi outdoornya, diantaranya adalah olahraga, bela diri, bari berbaris, dan game (permainan) yang bertujuan membangun kerja sama dalam suasana semangat dan ceria. Selain itu dikenalkan juga lagu Ya Lalwaton, Mars GP Ansor, Mars Banser, dll.

Seluruh rangkaian kegiatan ditutup dengan acara pembai’atan oleh Ketua Tanfidziah MWCNU Rancaekek, K. Ending Jauharuddin. Dengan dibai’at, para peserta PKD ini resmi menjadi anggota GP Ansor. Dengan dibai’at, mereka siap berjihad demi agama Islam ahlussunnah waljama’ah an-nahdliyah, demi Islam yang rahmatan lil alamin, demi Islam washatiah (moderat) yang diharapkan mampu merekatkan persatuan umat dan bangsa, dan demi Islam yang diimplementasikan dalam ragam budaya nusantara (Islam Nusantara).

Tampilkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Close
Close
%d blogger menyukai ini: