Pertemuan Rutin “Sabtuan” Bulan Mei Minggu Ke IV PCNU Kabupaten Bandung

167

Perekonomian umat menjadi topik pembahasan pada pertemuan Sabtu ini. Di lapangan kita menemukan warga yang terjerat oleh rentenir sehingga harus menjual “barang berharga” yang dimilikinya. Warga yang sakit harus berkeliling mencari uang untuk berobat, bahkan ada yang sampai meninggal karena tidak menemukan uang yang “hanya” berjumlah Rp. 50.000-, untuk biaya berobat. Fenomena itu menjadi tantangan dan motivasi Pengurus NU untuk menemukan solusi yang terbaik bagi umatnya yang sedang dilanda kesulitan secara ekonomi.

Jika melihat potensi ekonomi yang dimiliki warga NU  sebenarnya tidak sulit untuk memberdayakan ekonomi umat. Banyak pengusaha yang berhasil dan sedang mengembangkan usahanya adalah warga NU. Hanya mungkin karena ketiadaan menejmen organisasi yang  tertata dengan baik maka potensi ekonomi warga NU dimanfaatkan oleh orang lain dan tentunya yang mendapatkan keuntungan adalah orang lain.

Koperasi adalah salah satu solusi yang akan dicoba oleh PCNU untuk memberdayakan ekonomi umat, membantu warga NU agar tidak terjerat oleh rentenir, membantu warga untuk modal awal dan mengembangkan usaha. Untuk langkah pertama PCNU menjadikan Koperasi simpan pinjam Ranting NU Neglasari MWC Banjaran menjadi “Pilot Project” dalam masalah perkoperasian. Pada hari Ahad 27 Mei 2012 Pukul 16.00 rombongan PCNU akan menghadiri rapat anggota koperasi Ranting NU Neglasari Banjaran untuk memberikan pembinaan tentang pemberdayaan ekonomi umat. Diharapkan, dari Ranting Neglasari menyebar ke berbagai desa pendirian koperasi untuk kesejahtaraan warga. Jika ini bisa dilaksanakan dari 276 desa punya koperasi 100 saja dan tiap koperasi mempunyai Rp. 5.000.000-, maka Rp. 500.00.000-, sudah menjadi asset koperasi NU yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat.

Untuk pertemuan “Sabtuan” minggu depan  02 Juni 2012 akan dilaksanakan  di desa Ancol Mekar Kecamatan Arjasari, tidak di Sekretariat Soreang, karena semua pengurus Cabang NU akan menghadiri kegiatan pelantikan pengurus ranting NU se Kecamatan Arjasari dan Tabligh Akbar dengan penceramah Ketua PCNU KH. A. Manshur. Dalam kesempatan itu pula PCNU ingin mencoba juga melihat sektor perekonomian di Kecamatan Arjasari yang mudah-mudahan bisa diberdayakan unuk kesejahteraan warga NU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here