Dialog 1Bandung, Menyambut ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional oleh pemerintah dengan diterbitkannya Kepres No. 22 Tahun 2015, Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jawa Barat bekerjasama dengan Lapeksdam, Lesbumi dan Pagarnusa Jawa Barat menyelenggarakan dialog tentang “Aktualisasi Peran Pesantren dalam Peradaban Modern dan Tantangan Global” bertempat di Aula kantor PWNU Jawa Barat dengan Narasumber Sekretaris PWNU Jawa Barat KH. Drs. Imron Rosyadi, M.Ag pada Hari Sabtu (24/10/2015).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pengurus Lembaga, Lajnah, Banom NU Jawa Barat, dan pengrus PMII Bandung. Kegiatan tersebut dimulai dari jam 14.00 s.d 16.50 WIB diawali dengan tawasul sebagai bentuk penghormatan kepada pendiri-pendiri NU yang dipimpin oleh Kyai Nurzabidin.
Menurut Sekretaris Pergunu Jabar H. Saepuloh, M.Pd, kegiatan ini menjadi bentuk rasa syukur pengakuan dari pemerintah akan perjuangan KH Hasyim Asy’ari yang pada tanggal 22 Oktober 1945 mengeluarkan fatwa Resolusi Jihad yang menjadi landasan ribuan kaum santri ikut serta dalam perang 10 November 1945 di Surabaya.
“Dengan ditetapkannya Hari Santri tanggal 22 oktober, merupakan bentuk pengakuan pemerintah akan perjuangan para kyai dan santri dalam pembentukan NKRI dengan Resolusi Jihad pada tanggal 22 Oktober 1945,ini patut kita syukuri” tutur Saepuloh
Lebih lanjut H. Saepuloh mengatakan Pergunu Jawa Barat akan melaksanakan dialog tentang “Santri VS Globalisasi: Sudut Pandang Pendidikan dan IT” dengan Narasumber Rektor UPI Bandung Prof. Furqon, Ph.D dan Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., pada tanggal 31 Oktober 2015 dimulai jam 13.00 di Aula PWNU Jawa Barat.
Sementara itu, Sekretaris NU Jawa Barat KH. Drs. Imron Rosyadi, M.Ag berharap kegiatan ini menjadi refleksi bagi santri agar jangan kehilangan identitas jadi dirinya dalam mengahadapi tantangan Globalisasi.
Kegiatan Dialog diakhiri dengan pembacaan puisi “Syair Perang Kedongdong” oleh Dodo Widarda, M.Hum Ketua Lesbumi Jawa Barat.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.