Pergunu Garut Laksanakan Seminar Pendidikan

412

20150122_111459Garut, Pimpinan Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kab. Garut menyelenggarakan seminar pendidikan dengan tema “Revitalisasi Implementasi Kurikulum Pendidikan dalam Merespon Perubahan Bangsa”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Desa Citeras Kec. Malangbong Kab. Garut (22/1/2015). Turut hadir dalan kegiatan tersebut Ketua LP Ma’arif Garut, ketua PCNU Kab. Garut Drs. H. Agus Mohamad Sholah , Wakil Ketua Pergunu Jawa Barat H. Saepuloh, M.Pd dan Wakil Sekretaris PP Pergunu H. Akhsan Ustadi, M.Hum.

Yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah UPI Bandung Dr. Agus Mulyana, M.Hum, Kepala Kemenag Kab. Garut Drs H. Usep Saefudin Muhtar, M.Si., dan Ketua PCNU Kab. Garut Drs. H. Agus M Sholeh.
Ketua PC Pergunu Kab. Garut Muhlis, S.Ag dalam sambutannya menghimbau agar guru-guru NU untuk segera daftar online di www.pergunu.org untuk data base anggota Pergunu.
Ketua PCNU Drs. H. Agus M Sholeh, kegiatan ini sangat penting, apalagi dlm kegiatan ini akan memapatkan dunia pendidijan kita. Karena kita sedang mencari format baku untuk ‘wajah’ pendidikan. Sementara itu berkaitan dengan dicabutnya kurikulum 2013 ini menjadi persoalan pada kita, terutama bagi para pendidik di kalangan Nahdliyin.
“Semoga kegiatan ini menjadi salah satu solusi dari permasalan tersebut” tutur H. Agus
Menurut Kepala Kemenag Kab. Garut Drs. H Usep Saefudin Muhtar, M.Si, “Kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan”. Sehingga wajar dari periode ke periode kurikulum selalu berubah sesuai degan perkembangan jaman dan tujuan apa yang ingin dicapai pada jaman tersebut.
Sementara itu dalam sambutannya, Wakil Ketua Pergunu Jawa Barat H. Saepuloh, mengatakan bahwa pergunu Jawa Barat siap mengawal kebijakan pemerintah dalam pendidikan selama kebijakan tersebut bermanfaat bagi dunia pendidikan. Dalam masalah kurikulum pendidikan, guru-guru NU harus siap dalam implentasi kurikulum tersebut, apa itu kurikulum 2013 atau kurikulum 2006. Pergunu konsen untuk terus berupaya dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas guru melalui seminar, pelatihan dan wrokshop.
Senada dengan itu, Wakil Sekretaris PP Pergunu H. Akhsan Ustadi, M.Hum, bahwa sikap PP Pergunu percaya bahwa pemerintah bisa arif dalam mengambil sebuah kebijakan berkaitan dengan kurikulum pendidikan. Pergunu akan mengawal dan melaksanakan kebijakan tersebut selama berpihak pada dunia pendidikan dan maslahat untuk umat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here