Pengurus Cabang NU Kab. Bandung Meninjau Korban Kebakaran di Kertasari dan Pacet

419

Selama bulan Ramadhan 1433 H. telah terjadi beberapa kasus kebakaran di Wilayah Kabupaten Bandung, ada yang disebabkan oleh konsleting listrik dan ada juga yang disebabkan oleh ledakan gas elpiji. Di Desa Maruyung Kecamatan Pacet dan Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari kebakaran cukup besar menimpa  warga Nahdliyyin.

Kebakaran di Desa Maruyung Kecamatan Pacet terjadi pada saat warga sedang melaksanakan Shalat Tarawaih sehingga warga terlambat mengetahui dan memadamkan api. Kebakaran itu mengakibatkan 23 rumah hangus dilalap “si jago merah” dan 27 KK kehilangan tempat tinggal.

Sementara di Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari kebakaran terjadi pada hari ke 2 Idul Fitri tepatnya hari Senin 20 Agustus 2012 sekitar jam 13.00. saat mayoritas penduduk  sedang keluar rumah  melaksanakan silaturahmi Idul Fitri kepada handai taulannya. Tidak adanya penghuni rumah ditambah terik matahari dan angin kencang menyebabkan api dengan cepat membakar rumah-rumah yang mayoritas semi permanen. Kebakaran itu mengakibatkan 22 rumah hangus terbakar dan 23 KK kehilangan tempat tinggal.

Kepala Desa Cibeureum Bapak Atep, S.Ag. menyatakan bahwa untuk sementara para korban kebakaran ditempatkan di Aula Yayasan Kesejahteraan Sosial Karya Bakti Pondok Pesantren Nurul Huda Sukasari Desa Cibeureum Kertasari. Selanjutnya, karena  hari Senin aula dan kelas yang ditempati para pengungsi korban kebakaran akan dipakai untuk kegiatan belajar mengajar maka para pengungsi akan ditempatkan ditenda-tenda yang telah disiapkan di lokasi bekas kebakaran. Kepala Desa Cibeureum Bapak Atep, S.Ag. menambahkan bahwa untuk dapur umum alhamdulillah bisa berjalan  dengan baik karena ada bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung dan para donatur yang memberikan bantuan beras dan lauk pauknya.

Ketua Tanfidziyah  MWCNU  Kertasari Bapak Drs. H. Asep Syarifulloh mengintruksikan Seluruh pengurus MWC dan ranting-ranting NU se Kecamatan Kertasari untuk memobilisasi bantuan  para jama’ah Nahdliyyin yang akan digunakan untuk membangun rumah-rumah yang terbakar. Menurut Kepala Desa Cibeureum, dana yang diperlukan untuk membangun kembali rumah yang tebakar sekitar Rp.660.000.000-, (Enam ratus enam puluh juta rupiah).

Pada hari Sabtu 25 Agustus 2012 rombongan PCNU Kabupaten Bandung yang terdiri dari Wakil Ketua Tanfidziyah H. Imron Rosadi, S.Ag., Sekretaris Tanfidziyah H. Usep Dedi Rostandi, MA. Ketua Lembaga Ta’lif Wan Nasr Harry Yuniardi, M.Ag. dan Sekretaris Pergunu H. Saepulloh, M.Pd. melakukan kunjungan ke lokasi kebakaran di Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari. Dalam kunjungan itu Rombongan PCNU meminta semua korban kebakaran untuk sabar dalam menghadapi musibah ini. Mudah-mudahan semua materi yang hilang dan terbakar diganti oleh Allah SWT. Dalam kesempatan ini pula PCNU Kabupaten Bandung menyerahkan bantuan sebesar Rp. 1.000.000-, (Satu juta rupiah) yang diterima langsung oleh Kepala Desa Cibeureum dengan disaksikan oleh Ketua MWC NU Kertasari dan pengurus lainnya.

Dari Kertasari, Rombongan PCNU Kab. Bandung menuju ke Desa Maruyung Kecamatan Pacet. Di Pesantren An-Nur Maruyung, PCNU Kabupaten Bandung menyerahkan bantuan berupa beras 30 Kg, Gula pasir 10 Kg, Minyak goreng 10 Kg, Sarung 10 helai dan sajadah 10 helai dan uang sebanyak Rp. 500.000-, (Lima ratus ribu rupiah) dan pakaian bekas layak pakai satu karung, yang diterima langsung oleh Ketua Tanfidziyah Pacet Ust. Idham Kholid, S.Ag. dan disaksikan oleh Pengurus MWCNU Pacet dan Ranting NU Maruyung.

Dalam kesempatan ini Sekretaris NU Kabupaten Bandung H. Usep Dedi Rostandi, MA. menyatakan bahwa bantuan dari PCNU sekedar motivasi untuk memancing bantuan yang lebih besar. Oleh karena itu, PCNU mengharapkan pengurus MWCNU  dan ranting NU se Kecamatan Pacet agar bisa mengumpulkan dana semaksimal mungkin untuk membantu membangun kembali rumah yang habis terbakar yang menurut informasi memerlukan dana sekitar Rp. 700.000.000-, (Tujuh ratus juta rupiah).

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here