Pembukaan Training of Trainer NU Kabupaten Bandung

408

Sekretaris,Ketua,Wakil Ketua PCNU Kab.BandungBertempat di Pondok Pesantren Al-Husaini Ciheulang Ciparay, PCNU Kab. Bandung melaksanakan training of trainer kader penggerak Nahdlatul Ulama angkatan 1 dengan thema “Mempertegas Peranan NU dalam Kehidupan Berbangsa, Bernegara dan Beragama”. Peserta yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 40 orang, masing-masing satu orang dari 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung ditambah dengan perwakilan Badan Otonom, Lajnah dan Lembaga NU.

Dalam laporannya, Ketua Panitia H. Imron Rosadi, S.Ag. menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan karena keprihatinan PCNU melihat perkembangan NU di Kabupaten Bandung dari waktu ke waktu tidak begitu menggembirakan secara organisasi masih kalah dibandingkan ormas lain. Hal ini terjadi karena minimnya kader di berbagai tingkatan yang bisa membawa NU ke jalan yang telah digariskan oleh para Founding Father NU, yang tertuang dalam AD/ART dan Peraturan Organisasi NU.

Sementara itu, Rois Syuriyah KH. A. Saifuddin Kamil dan Ketua Tanfidziyah KH. A. Manshur menyambut gembira dan mendukung sepenuhnyaPembukaan ToT PCNU Kab.Bandung terhadap kegiatan ini. Kegiatan kaderisasi terakhir dilakukan NU pada era 70-an sehingga wajar kalau sekarang sulit ditemukan kader-kader militan yang menjadi pengurus NU, bahkan Pengurus Cabang sendiri, dari 30 orang lebih hanya beberapa orang yang aktif menjalankan roda organisasi. Mudah-mudah dengan dilaksanakan Training of Trainer ini dihasilkan kader-kader mumpuni yang bisa membawa NU ke arah yang labih baik, tutur KH. A. Manshur.

NU yang mayoritas di Kabupaten Bandung belum dapat menunjukan kebesarannya dengan menduduki posisi-posisi  pemegang kebijakan yang menentukan baik di bidang pemerintahan maupun organisasi atau forum bentukan Pemda Kab. Bandung sehingga fasilitas yang didapatkan dan dirasakan oleh warga NU masih minim, ujar KH. A. Saifuddin Kamil.

Peserta ToT PCNU Kab.BandungPelatihan ini akan berlangsung selama 4 hari, mulai dari Sabtu, 9 Maret s.d Selasa 12 Maret 2013, berbagai materi yang berkaitan dengan ke Aswaja-an, ke-organisasi-an dan pemerintahan akan di sampaikan dalam kegiatan ini. Nara Sumber yang akan mengisi kegiatan ini terdiri dari para ulama, aktifis organisasi, akademisi dan pejabat publik.

2 COMMENTS

  1. selamat atas dilaksanakannya pengkaderan Nu di Kab. Bandung.Memang Usaha pengkaderan itu sangat perlu dilakukan dalam upaya memelihara dan mengembangkan potensi Nu di Kab. Bandung. Akhir-akhir ini saya perna berdiskusi dengan beberapa pemuda NU yang lahir kira-kira tahun 90 an. Kita memerbincangkan tentang Ibadah, politik dan berita-berita internasional. Ketika perbincangan itu dikaitkan dengan NU, maka para pemuda-pemuda itu memahami NU hanya sebagai ormas dan warisan dari keluarganya. Mereka tidak memahami NU sebagai gerakan yang dinamis. Oleh karenai upaya untuk menumbuhkan semangat juang di kalangan pemuda NU perlu terus dibangkitkan.

    • Ya, tugas para pengurus dan kader NU untuk menjelaskan tentang NU dan gerakannya yang bersifat dinamis dan humanis. Insya Allah PCNU akan melakukan ToT angkatan ke 2 tanggal 27-28 April di Cikancung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here