Pembinaan koperasi oleh PCNU Kab. Bandung

387

Perkembangan KOWANU (Koperasi Warga NU) di Ranting Neglasari MWC Banjaran menarik minat warga NU di beberapa daerah untuk sharing tentang pengelolaan koperasi. Berawal dari 9 orang warga NU Neglasari yang melihat para rentenir bergentayangan menjerat warga, berinisiatif untuk membantu dan melepaskan warga dari jeratan rentenir. Dengan modal awal Rp. 225.000-, koperasi ini untuk pertama kalinya meminjamkan uang sejumlah Rp. 150.000-, kepada salah satu anggotanya.

Setelah berjalan 18 bulan kini KOWANU Neglasari memempunyai anggota 58 orang dengan aset Rp. 30.000.000- lebih dan bisa meminjamkan Rp. 14.000.000-, per bulan kepada anggota. Perkembangan ini menarik minat warga sekitar untuk masuk menjadi anggota koperasi, tapi pengurus koperasi masih belum menerimanya karena  masih membenahi menejmen koperasinya.

Perkembangan itulah yang kemudian menarik pengurus NU di beberapa daerah untuk sharing dan mengetahui tentang pengelolaan koperasi. Pada hari Senin 21 Januari 2013 pengurus KOWANU H. Saepuloh, M.Pd. melakukan sosialisasi dan sharing tentang koperasi ini di MWC Pameungpeuk Desa Langonsari. Warga yang hadir, terdiri dari Ibu-ibu dan Bapak-Bapak yang tergolong ekonomi kecil antusias mengikuti sosialisasi dan banyak bertanya sekitar koperasi. Tanpa menunggu lama, setelah selesai kegiatan itu, warga sepakat mendirikan koperasi.

Sosialisasi koperasi PCNU ini dilanjutkan di MWC Arjasari pada hari Jum’at 25 Januari 2013 di Desa Ancolmekar Arjasari. Kondisi masyarakat Arjasari yang perekonomiannya masih lemah memerlukan pembinaan dalam menggerakan roda ekonomi di daerah itu. Buruh tani dan menjadi buruh bangunan ke kota mendominasi mata pencaharian  masyarakat Arjasari, walaupun ada juga yang menjadi pengusaha gordeng.

Dalam kesempatan ini Sekretaris PCNU Kabupaten Bandung H. Usep Dedi Rostandi, MA. memaparkan tentang tujuan PCNU mensosialisasikan koperasi ini adalah untuk membantu warga NU di daerah lepas dari jeratan rentenir yang menyengsarakan warga. Oleh karena itu, PCNU mencoba menggerakan roda ekonomi warga NU Kabupaten Bandung melalui koperasi. Dengan koperasi ini diharapkan tarap ekonomi masyarakat bisa meningkat.

Setelah sekitar 2 jam sosialisasi ini berjalan, diselingi oleh pertanyaan hadirin yang berkenaan dengan cara pendirian dan menjalankan koperasi, akhirnya kegiatan ini ditutup dengan kesepakatan yang hadir untuk mendirikan koperasi warga NU (KOWANU) di Arjasari. PCNU Kabupaten Bandung akan terus berjalan dan bergerak memberdayakan segala potensi warga NU; sosial, politik dan ekonomi sesuai dengan qudroh dan irodah Allah SWT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here