PC FATAYAT NU KAB. BANDUNG GELAR PELATIHAN PENANGANAN DAMPAK COVID-19

Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama Kabupaten Bandung menggelar pelatihan Pengolahan makanan dari bahan ikan Lele. Pelatihan yang digelar dalam rangka Penanganan Dampak Covid-19 melalui Jaring Pengaman Sosial.
Kegiatan yang dilaksanakan tiga hari, Rabu-Jum’at (16-18/12), ini untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di tengah bayang-bayang resesi ekonomi akibat pandemi Covid-19. Ketua PC Fatayat NU Kab. Bandung Hj. Yayu Juariah mengungkapkan, pelaksanaan Pembekalan Pelatihan yang diadakannya untuk mengembangkan kemampuan para pengurus PAC Fatayat NU di Dapil 4 yang meliputi 4 kecamatan yaitu Kecamatn Nagreg, Cicalengka, Cikancung dan Kecamatan Rancaekek ini, nantinya bisa membudidayakan, Mengolah dan memasarkan Bahan makanan dari Ikan Lele sendiri, sehingga bisa mendatangkan penghasilan di tengah pandemi. Adanya pandemi Covid-19 ini sedikit banyak mengubah kondisi ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Menurut Bunda Ayu Panggilan Ketua PC Fatayat NU, acara yang digelar di gedung Madrasah At-Tarbiyah Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, itu bertujuan untuk memberdayakan ekonomi dengan berbasis kemandirian dalam rumah tangga dalam pelaksanaannya, kami bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan dan UMKM Adisyafidz Barokah Nagreg.


Dihubungi terpisah, salah seorang peserta pelatihan, Khodijah, mengungkapkan kebahagiaannya setelah mengikuti pelatihan yang diikutinya ini, dapat membuka jalan rejeki bagi kami yang saat ini sangat membutuhkan pemasukan,” ungkapnya, Ia yang sebelumnya bekerja sebagai penjahit di rumah merasakan dampak langsung adanya pandemi. Penghasilannya pun menurun drastis, Kerjaan jahitan sedang macet. Banyak baju yang sudah jadi. Tapi, tidak segera diambil karena Musim pandemi membuat bingung untuk cari kerja, sedangkan kebutuhan selalu ada setiap hari,” terangnya.

Pelatihan ini di Buka oleh Kepala Bidang Penempatan Tenaga kerja Dinas Ketenagakerjaan Kab. Bandung Bapak Dartika, STP, MM, ikut menghadiri dari Pimpinan Wilayah Fatayat NU Jawa Barat, Sahabat Nia Qolbunia, M.Ag dan Sahabat Siti Rohimah, turut serta memnyampaikan materi dari Dinas ketahanan pangan dan Perikanan Kab. Bandung Ibu Roza Delwina, A. Pi, M.SI, selanjutnya Materi tiori dan Praktek pengolahan makanan dari bahan Ikan lele disampaikan oleh Sahabat Ii Solihat, di samping sebagai Ketua PAC Fatayat NU Kecamatan Nagreg beliu Fakar dalam pengolahan Makanan dari Bahan Ikan Lele dan juga pemilik UMKM Adisyafidz Barokah Nagreg, dalam kesempatan itu juga turut hadir Mahasiswa mahasiswi UNPAD Fakultas Perikanan, yang sedang menjalani PKL.

Editor : Akbar Hadiansyah

Pewarta: Fatayat NU

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.