Kyai Khos NU, Mbah Liem Meninggal Dunia

834

Klaten, Seruu.Com – Pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Al Muttaqien Pancasila Sakti Klaten, KH Muslim Rifa’i Imampuro meninggal dunia, Kamis (24/5/2012). Kiai nyentrik dan karismatik ini wafat dalam usia 91 tahun di Rumah Sakit Islam Klaten, Jawa Tengah, sekitar pukul 04.00 WIB.
Mbah Liem memang sudah beberapa kali masuk rumah sakit lantaran kesehatannya menurun seiring faktor usia. Kiai yang sangat dekat dengan almarhum manta Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini dirawat sejak empat hari lalu.

Kini, jenazah sudah disemayamkan di Pondok Pesantren Al Mutaqqin Pancasila Sakti di Troso, Sumberrejo, Karanganom, Klaten. Rencananya, jenazah dimakamkan di kompleks pondok pesantren tersebut usai salat zuhur berdampingan dengan makam sang istri yang telah wafat beberapa tahun lalu.
Semasa hidupnya, Mbah Lim dikenal sebagai tokoh agama nasionalis dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan NKRI. Beliau juga menjadi pendorong terbentuknya forum kerukunan antar umat beragama di Klaten. Bahkan dia yang merintis berdirinya Joglo Perdamaian Dunia di komplek pondok yang berlokasi di Dukuh Troso, Desa Sumberejo, Kecamatan Karanganom, Klaten itu.
Mbah Lim adalah tokoh yang sangat dihormati oleh para santrinya dan masyarakat Klaten Kedekatannya dengan sejumlah pimpinan pondok pesantren lain di Jawa dan cukup banyak tokoh nasional membuatnya menjadi tokoh yang cukup disegani. Bahkan, tokoh agama itu sering dijadikan jujugan para tokoh nasional yang berkunjung ke Klaten.

1 COMMENT

  1. Mengurai pandangan Gus Har yang pernah mengatakan bahwa iklas itu terbagi dalam tujuh macam dalam tujuh sebagaimana katanya dalam diskusi tentang Islam percikan tasawuf .
    Iklas itu terbagi menjadi menjadi 7 diantaranya :
    1 Ikhlas fikiran.
    2) Ikhlas lisan
    3)Ikhlas qolbi
    4)Ikhlas Nafsu
    5) Ikhlas jasad
    6) Ikhlas Ruhnya
    7) Ikhlas billah penyatuan diri kehendak alloh.
    Sampai saat ini Gus Har yang saya juluki Ulama Sufi muda yang dapat maunah dari Alloh Swt.
    Belum pernah menjabarkan tentang ikhlas fikiran dan pelaksanaan nya.
    Tapi yang jelas saya sepakat kalau Ikhlas itu mempunyai tujuh maqom pada diri manusia. Dan pernah suatu ketika Gus Har atau Prof.DR. KH.Nanang Hariadi mengatakan pernah bermimpi ketemu Nabi Muhammad . Bagaiman menurut pandangan dan pendapat anda tetndang Mimpi gus har tersebut . ……? dan bagaimana jika ada orang membaca puisi doa seperti di bawah ini ….?
    AJI PUTIH MAYA ERANG, AJI ERANG MAYA PUTIH , REMUNE JAGAD KABEH ,IYA INGSUN NANANG HARIADI UTAWI GUS HAR TAN KETINGGALAN , LA ILAHA ILALLOH MUHAMMAD ROSULU’LOOH.
    Salam doa mantra buatmu Wahai sang Ulama Sufi Muda Prof.DR.KH. Nanang Hariadi atau Gus Har Ketua Umum DPP KOBUKI .
    Dari kami yang merindukan orang sepertimu ..?
    Dariku sang Musafir ditengah gurun Pasir kezuhudan dibalik terali besi penjarah ketaqwaan diatas Gunung merapi keikhlasan dibalik tenggelamnya mutiara kemakmurana Bangsa dan Negara dipusaran Bumi kesyukuran dibalik dinding Kema’rifatan makhluk Tuhan.
    Tertanda
    Bogor 20 Juni 2012
    KH Syafrudin Kurdi
    Telp 087877682869

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here