KH. WAHAB HASBULLAH: INILAH KEKUATAN NU!

460

Ketika NU besar dan ditakuti oleh orang lain, sebagian orang tidak menyukai keadaan itu. Maka dicari berbagai cara untuk mengkerdilkan NU. dan ketika usaha itu tidak berhasil, mereka berusaha membuat orang NU tidak yakin akan kebesarannya. Sehingga banyak tokoh-tokoh NU yang mencari dan berlindung pada kekuatan orang lain karena tidak yakin akan kebesaran dan kekuatan NU. Dan ini membuat orang NU berjalan tidak sesuai dengan garis perjuangan NU sendiri.

Keadaan itu terjadi sekarang, orang NU terpecah dalam beberapa kelompok dan meminta bantuan orang lain, tanpa menggunakan kekuatan NU sendiri, dalam mewujudkan cita-citanya. Bahkan ada juga orang NU yang tidak mengaku sebagai orang NU demi masuk kelompok orang lain untuk mengamankan jabatannya. Kondisi inipun pernah terjadi pada masa perjuangan sehingga KH. Wahab Hasbullah pernah mengeluarkan statemen dalam menyoroti kondisi itu.

“Banyak pemimpin NU di daerah-daerah dan juga di pusat yang tidak yakin akan kekuatan NU, mereka lebih meyakini kekuatan golongan lain. Orang-orang ini terpengaruh oleh bisikan orang yang menghembuskan propaganda agar tidak yakin akan kekuatan yang dimilikinya. Kekuatan NU itu ibarat senjata adalah meriam, betul-betul meriam. Tetapi digoncangkan hati mereka oleh propaganda luar yang menghasut seolah-olah senjata itu bukan meriam, tetapi hanya gelugu alias batang kelapa sebagai meriam tiruan. Pemimpin NU yang tolol itu tidak sadar siasat lawan dalam menjatuhkan NU melalui cara membuat pemimpin NU ragu-ragu akan kekuatannya sendiri.”
Jakarta, 1950
KH. Wahab Hasbullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here