FATAYAT NU KAB. BANDUNG: FESTIVAL QASIDAH REBANA & AL-BARJANJI

403

IMG_20150404_103354 (FILEminimizer)Di tengah semaraknya kesenian yang berbau Barat dan mengikis moral anak bangsa, Pengurus Cabang Fatayat NU Kabupaten Bandung menyelenggarakan festival qasidah rebana dan al-barjanji.
Bertempat di Pesantren Unwanul Falah Kp. Sukaraja Solokanjeruk Kabupaten Bandung, pada hari Sabtu 04 April 2015 kegiatan yang mencoba mengajak generasi muda untuk mengingat kembali kesenian dan ajaran moral yang diwariskan oleh ulama terdahulu dalam mendidik generasi penerusnya melalui kesenian ini dilaksanakan.
Sambutan masyarakat terhadap kegiatan ini cukup semarak. Dibuktikan dengan ikutnya 16 group dalam festival Qasidah Rebana, sementara Al-Barjanji diikuti oleh 15 group dan Marawis diikuti oleh 15 group. Setiap kelompok menampilkan penguasan gerak dan suara yang menawan dan mengundang tepuk tangan meriah dari penonton.
Pembukaan festival Qasidah Rebana dan Al-Barjanji ini dihadiri oleh Kepala kamenag, Ketua MUI, PCNU, anggota DPRD Kab. Bandung dan Anggota DPR RI dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kang H. Cucun Syamsurijal sekaligus bertindak sebagai tuan rumah dari kegiatan ini.
IMG_20150404_095359 (FILEminimizer)Dalam sambutannya PCNU Kabupaten Bandung, yang disampaikan oleh Sekretarisnya, H. Usep Dedi Rostandi, MA. menyatakan bahwa PCNU merasa gembira sekaligus mengucapkan terimakasih kepada PC Fatayat NU yang telah melaksanakan kegiatan ini. Karena qasidah rebana ini adalah kesenian yang akrab dengan dunia pesantren, dunianya nahdliyyin, dan yang pertama kalinya memunculkan kesenian rebana ini adalah kelompok shahabat  Ansor  ketika menyambut Rasulullah saw. hijrah dari Mekah ke Medinah.
Sementara Al-Barzanji atau Berzanji adalah suatu do’a-do’a, puji-pujian dan penceritaan riwayat Nabi Muhammad saw yang biasa dilantunkan dengan irama atau nada. Isi Berzanji bertutur tentang kehidupan Nabi Muhammad saw yakni silsilah keturunannya, masa kanak-kanak, remaja, dewasa, hingga diangkat menjadi rasul. Didalamnya juga mengisahkan sifat-sifat mulia yang dimiliki Nabi Muhammad serta berbagai peristiwa untuk dijadikan teladan umat manusia.
H. Usep Dedi Rostandi, MA. berharap dengan festival Al-Barjanji ini  masyarakat bisa  membentuk tradisi dan mengembangkan kebudayaan dalam menghormati sosok dan perjuangan Nabi Muhammad saw. Bahkan lebih jauh dari itu, tujuannya tidak hanya untuk sekedar mengetahui perjalanan Nabi dari sisi sejarah saja. Tapi, agar umat Islam mau melakukan tindakan aplikatif yang menggambarkan hakikat Islam yang paripurna dengan mencontoh Nabi Muhammad saw.
Di akhir sambutannya, Sekretaris PCNU itu berharap kegiatan ini rutin dilaksanakan minimal satu tahun sekali, agar kaum muda Nahdliyyin terus mengenal sosok nabi Muhammad saw. yang telah membawa umat manusia dari kegelapan ke jalan yang terang benderang, dengan melaksanakan semua ajarannya dengan konsisten dan istiqomah.
IMG_20150404_104053 (FILEminimizer)IMG_20150404_100812 (FILEminimizer)IMG_20150404_103313 (FILEminimizer)IMG_20150404_104031 (FILEminimizer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here