Rapat Kerja dan Seminar Pendidikan PC Pergunu di Kab. Bandung

225

SOREANG, – Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) telah menyelenggarakan Rapat Kerja dibuka oleh Wakil Bupati Bandung H Deden R Rumaji, S.Sos. dan dihadiri oleh Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Bandung H. Usep Dedi Rostandi, MA. Rapat kerja tersebut diisi dengan seminar pendidikan tentang peranan pemerintah dalam peningkatan profesionalisme guru dan tantangannya pada masa kini dan masa akan datang, dengan pembicara Dr. Agus Mulyana, M.Hum (PW Pergunu Jawa Barat), KH Drs Asep Jamaludin, M.Ag (Wakil Rois PC NU Kab. Bandung) dan H Arifin Sobari, Lc. (Ketua Komisi DPRD Kab. Bandung). Seminar pendidikan tersebut dihadiri oleh sekitar 100 orang guru-guru NU se-wilayah Bandung Selatan, mereka yang hadir merupakan utusan-utusan dari MWC NU.

Pada kesempatan itu, guru-guru yang tergabung dalam PERGUNU, mendesak agar pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dilakukan secara transparan. Hal itu disebabkan pengelolaan BOS lebih didominasi kepala sekolah dan bendahara. “Rata-rata guru tidak mengetahui secara persis besaran dana BOS karena yang tahu sebatas kepala sekolah dan bendahara”, kata Ketua PC Pergunu Kab. Bandung, H. Dudi Abdul Hadi, SE., M.Si, Ak., didampingi Sekretarisnya, H. Saepuloh, S.Pd., Rabu (11/1) di Gedung Badan Amil Zakat (BAZ) Kab. Bandung..
Menyikapi rencana pemerintah akan menaikkan besaran BOS mulai tahun 2012 sampai 50 persen dari tahun-tahun sebelumnya. Kenaikan besaran BOS diharapkan dapat lebih benar-benar meningkatkan pelayanan kepada anak-anak didik.
Lebih jauh Dudi mengatakan, akibat pengelolaan BOS yang hanya diketahui segelintir orang, maka potensi penyimpangan semakin besar. “Guru-guru juga sering enggan bertanya mengenai besaran BOS yang diterima sekolahnya. Karena selanjutnya akan dipandang negatif oleh atasannya. Bahkan, keberadaan BOS bagi para guru ibarat wujuduhu ka `adamihi, adanya seperti tidak adanya. Jadi tidak terlalu terasa,” katanya.
Menyinggung tentang peranan Pergunu dalam peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten Bandung, Saepuloh mengatakan bahwa “Pergunu mempunyai peranan yang strategis dalam peningkatan kualitas guru-guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Nahdlatul Ulama, dan dua bulan kedepan Ingsya Alloh PC Pergunu berkoordinasi dengan MWC NU akan berupaya secepatnya membentuk PAC Pergunu ditingkat kecamatan”. (Rabu, 11/01/2012)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here