BeritaKegiatan

CERITA SANTRI AR-RAHMAT

Mulai Hari Sabtu tanggal 20 Oktober 2018 jam 13.00 wib, ada kemeriahan dan keceriaan di Masjid Jami dan MDTA Ar-Rahmat yang berlokasi di Perumahan Rancaindah 3, kecamatan Rancaekek, kabupaten Bandung. Ternyata, di sana sedang di gelar kegiatan Malam Pembinaan Iman dan Taqwa (MABIT).

Menurut Ustadz Alan, salah seorang pengajar di DKM dan Madrasah Diniyah di sana, acara ini diselenggarakan setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda, untuk tahun ini temanya adalah “Santri Generasi Rabbani yang Cerdas dan Beradab.” Tema ini dilatarbelakangi oleh betapa pentingnya melahirkan generasi rabbani yang cerdas dan beradab.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam Rangka Memperingati Hari Santri Nasional yang ke-3. Dlihat dari rundown acara, kegiatan ini berisi berbagai kegiatan yang sangat menarik. Diantara jenis-jenis kegiatannya adalah pentas seni, kirab, shalat berjamaah, pemutaran film sejarah Hari Santri Nasional, Renungan Malam, dll. Acara dikemas secara menarik dan ceria, tetapi tetap padat dan bermakna.

Pada saat penulis berkunjung ke sana, sedang berlangsung kegiatan makan malam bersama. Para santri, dengan dibimbing oleh para anggota remaja masjid, makan bersama dengan adab yang benar. Semuanya harus makan sambil duduk, diawali dengan berdoa bersama. Pada saat makan juga dianjurkan berbagi dengan teman, dan pada akhir kegiatan makan malam semua sampah harus dibuang ke tempatnya. Setiap santri yang melaksanakan setiap kegiatan dengan baik, akan mendapatkan tanda bintang. Diakhir keigatan, santri yang terbanyak mendapatkan bintang akan dinobatkan sebagai santri terbaik.

Kegiatan ini diikuti oleh seratus-an santri. Mereka berasal dari santri DKM Ar-Rahmat, juga dari beberapa DKM di sekitarnya. Dari mulai sabtu siang, mereka dengan semangat mengikuti rangkaian kegiatan. Walaupun pada Sabtu malam acara berlangsung sampai jam 22.30 wib, para santri terlihat tetap semangat dan ceria mengikuti kegiatan sampai selesai.

Pada pagi harinya diisi dengan acara penutupan. Acara ini diisi dengan pengumuman peserta terbaik, dan kelompok terbaik. Selain itu, ada juga acara doorprize yang diisi dengan pertanyaan-pertanyaan seputar kegiatan MABIT tersebut. Dan pada jam delapanan, acara ini secara resmi ditutup.

Tampilkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Close
Close
%d blogger menyukai ini: