BAZ Kecamatan Banjaran Salurkan Bantuan

287

BANJARAN,- Jumlah zakat fitrah dari 11 desa di Kec. Banjaran pada tahun ini bisa mencapai Rp 763,7 juta. Namun, Badan Amil Zakat (BAZ) Kec. Banjaran akan lebih menggenjot pemasukan dari zakat harta (maal) yang potensinya lebih besar.
“Dari perolehan zakat fitrah sebesar Rp 763,7 juta didayagunakan oleh UPZ DKM/RW sebesar Rp 706,3 juta, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) desa Rp 39,8 juta dan BAZ kecamatan Rp 18,6 juta,” kata Ketua BAZ Banjaran, H. Saepuloh, M.Pd yang merupakan salah satu pengurus PCNU Kab. Bandung di sela-sela penyerahan bantuan kepada ustaz diniyah di Masjid Besar Banjaran, Senin (3/9).

Lebih jauh Saepuloh mengatakan, kepengurusan baru BAZ Banjaran menjelang Lebaran akan lebih memfokuskan kepada pemasukan dari zakat maal (harta). “Potensi zakat maal jauh lebih besar daripada zakat fitrah. Namun,selama ini belum digarap dengan baik,” katanya.
Untuk penggalian zakat maal, kata Saepuloh, BAZ Banjaran akan mengintensifkan penyuluhan kepada kaum Muslimin.

Bantuan diberikan kepada 101 ustaz (guru) madrasah diniyah. BAZ Banjaran juga membantu operasional lembaga yatim piatu Rp 1 juta.

“Para ustadz yang kami bantu dari 11 desa yang ada di Kec. Banjaran,” kata Ketua BAZ Banjaran, H. Saepullloh, M. Pd, di sela-sela penyerahan bantuan di Masjid Besar Banjaran, Senin (3/9).

Penyerahan dilakukan Sekretaris camat Banjaran, Drs. Hari Yuwono, M.Si didampingi Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjaran, H.Yoyo HK, S.Ag., MM.Pd. “Jumlah bantuan yang kami serahkan sebesar Rp 11,1 juta yang merupakan bagian sabilillah zakat,” kata H. Saepuloh.
Penyerahan bantuan tersebut disalurkan secara rutin setiap tahun sebagai amanah pendistribusian dana zakat. “Tiap guru mendapatkan bantuan Rp 100.000,-. Kami inginnya memperbesar dana zakat sehingga bantuan akan lebih besar lagi,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here