Apa Itu KARTANU?

1298

Jakarta, NU Online
Sebagai amanat Muktamar ke-32 NU yang berlangsung di Makassar Maret 2010 lalu berupa pendataan dan pengembangan system administrasi warga NU, kelembagaan dan asset NU, maka PBNU meluncurkan program Kartanu secara nasional.

Peluncuran Kartanu ini dilakukan di Jakarta, yang dihadiri oleh para pengurus NU Wilayah dari sebagian besar PWNU se-Indonesia. Jum’at malam (1/10).
 

Proses pendaftaran Kartanu yang baru sangat mudah dan cepat, warga NU cukup mengirimkan SMS yang selanjutnya data akan diproses dan diverifikasi kebenarannya. Selanjutnya, akan dicetak kartu sementara sebelum kartu yang sebenarnya jadi.
Dengan biaya pendaftaran sebesar 35.000 rupiah, Kartanu Multifungsi ini sekaligus dapat berfungsi sebagai kartu kas yang bisa diisi uang dan diambil di ATM, kasir bank, internet banking, pembayaran pulsa, PLN, Telkom dan lainya.
Selain itu, mereka yang resmi menjadi anggota NU secara otomatis akan mendapatkan santunan kecelakaan berupa biaya pengobatan maksimal 500.000 per tahun dan biaya kecacatan permanent maksimal 5 juta rupiah.
Dalam program hasil kerjasama dengan PT Vobe ini, juga tersedia layanan asuransi eksklusif berupa asuransi risiko demam berdarah, rawat inap, asuransi kecelakaan yang ebih luas, asuransi kendaraan dan asuransi rumah tinggal.
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj berharap dengan pembuatan Kartanu ini, administrasi keanggotaan warga NU semakin baik dan dapat meningkatkan ukhuwah sesame warga NU dan selanjutnya dapat meningkatkan kesejahteraan, baik lahir maupun batin.
“Kartanu juga akan dimuati dengan informasi-informasi komprehensif baik untuk tujuan organisasi maupun untuk tujuan transaksi ekonomi sehari-harai adan lebih mendorong warga NU untuk lebih meningkatkan daya dan upayanya dalam membangun masyarakat yang mulia dan bermartabat dan baradab dalam arangka baldatun thoyyibatun warobbun ghofur, sesuai dengan akidah ahlusunnah wal jamaah,” katanya. (mkf)

Sumber: NU Pusat.
 
 Untuk Download Formulir, tinggal klik link di bawah ini:
 
formulir-pendaftaran-kartaNU
 

19 COMMENTS

  1. kang … q pengin tau yang sejelas-jelasnya tentang program Kartanu, sebab di tempat saya baru dengar pengin lebih jelasnya, suwun…..

    • `Afwan, anda tinggal di daerah mana? Intinya kartanu itu adalah sebagai identitas warga NU yang selama ini belum terdata secara jelas. Dengan pola administratif seperti ini, warga NU dapat terpetakan dengan pasti, tidak hanya dikira2 saja.
      Selain itu ada keuntungan lain bagi pemilik kartanu, yaitu ia dapat difungsikan sebagai kartu ATM, serta bagi pemegangnya ada santunan kematian dengan pola asuransi syari`ah.
      Bagaimana? kalau masih penasaran silahkan anda bisa menghubungi langsung admin.

    • KartaNU itu program yang digulirkan oleh PBNU tahun 2012 untuk mendata warga NU sehingga bisa diketahui berapa banyak warga NU di masing-masing daerah, sehingga bila PBNU ada program pendistribusiannya tepat sasaran. Awalnya, infaq kartaNU ini Rp. 35.000-, dengan mendapat santunan kecelakaan dan kematian selama jangka waktu satu tahun, dan setelah satu tahun jika ingin diperpanjang harus bayar kembali sebesar Rp. 10.000-,. Akan tetapi, mulai bulan Maret 2012 infaqnya menjadi Rp. 20.000-, tanpa ada santunan (informasi ini baru diterima redaksi via telepon). Pembuatan kartaNU dikordinir oleh PCNU masing-masing. Semua infaq yang diterima oleh PCNU ditransfer via BRI karena pencetakannya dilakukan di Jakarta. KartaNU PCNU Kab. Bandung yang sudah dicetak dicantumkan di Web ini sesuai dengan urutan pendaftaran. Jika ada yang kurang jelas silahka ditanyakan kembali. Hatur nuhun Wassalam

  2. assalamualaikum wr.wb.
    bagaimana caranya pembuatan KARTANU tsb? karna di kota tegal blm ada KARTANU…bisakah kami tahu bagaimana cara proses pembuatannya?

  3. Wa’alaykumussalam, …
    Sdri Siti untuk pembuatan KARTANU, anda hubungi PCNU terdekat
    untuk mendapatkan formulir KARTANU dengan membawa potocopy KTP/SIM dan biaya pembuatan Rp 20.000,-
    Wassalam

  4. Assalamualaikum Wr.Wb.,
    Apakah di Cimahi ada PC NUnya? di mana alamatnya, saya mau mendaftar jadi anggota.
    Wassalam.
    Kang Dedy

  5. Wa’alaikum salam, Kang Dedy, Cimahi tentu ada PCNU nya cuma redaksi belum tahu persis dimana alamatnya, nanti di arena Mukerwil saya tanyakan. Hatur nuhun atensinya terhadap web PCNU Kab. Bandung

  6. Assalamu’alaikum,
    saya ni seorang perantau dari malaysia.
    sekarang lagi kuliah di suarabaya.
    Alhamdullillah Bpk saya juga mengajarkan Aswaja pada saya.
    kalau saya nak ikut program kartanu bisa tak…???

  7. Assalamu’alaikum,
    Apakah pendaftaran kartaNU masih berlangsung ? Kemudian bagaimana caranya mendaftar saat ini ? Terakhir, dimana alamat PC NU Kabupaten Bandung sekarang ?
    Hatur nuhun.

    • Masih, cara pemuatan kartanu cukup dgn membawa photocopy indentitas dan adm 10 rb, bisa hubungi mwcnu teredekat atau huhungi kami di INFO dan KONTAK a.n H Usep D Ristandi, Harry Yuniardi atau H Saepuloh. Kantor PCNU Kab. Bandung di Gedung Ormas jl. Terusan Alfahtu – Soreang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here