2 Maret 1955, Hari Lahir IPPNU

186

Bermula dari perbincangan ringan yang dilakukan oleh beberapa remaja putri yang sedang menuntut ilmu di Sekolah Guru Agama (SGA) Surakarta, tentang keputusan Muktamar NU ke-20 di Surakarta. Yang menganggap perlu adanya organisasi pelajar di kalangan Nahdliyat. Obrolan ringan itu membuahkan keputusan  di kalangan NU, Muslimat NU, Fatayat NU, GP. Ansor, IPNU dan Banom NU lainnya untuk membentuk tim resolusi IPNU putri pada kongres I IPNU di Malang Jawa Timur, selanjutnya disepakati dalam pertemuan tersebut bahwa peserta putri yang akan hadir di kongres Malang di namakan IPNU putri.

 Dalam  kongres itu ternyata keberadaan IPNU putri nampaknya masih diperdebatkan peserta. Semula direncanakan IPNU putri secara administratif hanya menjadi departemen di dalam tubuh organisasi IPNU. Akan tetapi, pengurus teras PP IPNU telah membentuk semacam kesan eksklusivitas IPNU hanya untuk pelajar putra. Melihat hasil tersebut maka pada hari kedua kongres, peserta putri yang hanya diwakili lima daerah (Yogyakarta, Surakarta, Malang, Lumajang, dan Kediri) terus melakukan konsultasi dengan dua jajaran di pengurus teras Badan Otonom NU yang menangani pembinaan organisasi pelajar yaitu PB Ma’arif (saat itu dipimpin Bpk. KH. Syukri Ghozali) dan ketua PP Muslimat NU (Mahmudah Mawardi). Maka dari pembicaraan selama beberapa hari telah membuat keputusan sebagai berikut:

  1.   Pembentukan Organisasi IPNU putri secara organisatoris dan secara administratif terpisah dengan IPNU
  2.   Tanggal 2 maret 1955M/8 Rajab 1374 H dideklarasikan sebagai hari kelahiran IPNU putri
  3.   Untuk menjalankan roda organisasi dan upaya pembentukan pembentukan cabang selanjutnya ditetapkan sebagai ketua yaitu UMROH MAHFUDHOH dan sekretarisnya bernama SYAMSIYAH MUTHOLIB.
  4.   PP IPNU putri berkedudukan di Surakarta Jawa Tengah.
  5.   Memberitahukan dan memohon pengesahan resolusi pendirian IPNU putri kepada PB Ma’arif NU, kemudian PB Ma’arif NU menyetujui dengan merubah nama IPNU putri menjadi IPPNU(Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama).

PCNU Kabupaten Bandung mengucapkan selamat Harlah IPPNU ke-57, semoga Rekanita-rekanita IPPNU terus belajar, berjuang dan bertakwa! Hidup IPPNU!

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here